Monday, February 22, 2016

Filled Under: ,

Khasiat Mengamalkan Surah Muhammad

Khasiat Surah Muhammad - Fadhilah Surah Muhammad - Amalan Al-Quran Surat Muhammad - Salah satu surah yang tercantum di dalam al-Quran al-Karim adalah surah Muhammad. Surah Muhammad ini bila dilihat dari tempat turunnya maka termasuk dalam golongan surah-surah Madaniyah, yang artinya surah ini diturunkan setelah kanjeng Rasul Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam hijrah dari Mekkah menuju Madinah. 

Surah Muhammad ini merupakan surah yang sangat mulia, yang diturunkan sesudah surah al-Hadiid. Dinamakan dengan surah Muhammad karena diambil dari nama kanjeng Rasul Muhammad shallallahu 'Alaihi wa Sallam yang di dalam surah ini terdapat pada ayat yang ke dua yang artinya sebagai berikut:

Artinya:

"Dan orang-orang mukmin dan beramal shalih serta beriman kepada apa yang diturunkan kepada kanjeng nabi Muhammad dan itulah yang haq dari Tuhan mereka Allah menghapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan memperbaiki keadaan mereka." (Q.S. Muhammad [47]: 2).

Secara garis besar surah ini memuat pokok-pokok ajaran di antaranya yaitu keimanan dan hukum-huium fiqih islam. Tentang keimanan sendiri, surah ini menjelaskan balasan bagi orang yang mati secara syahid di jalan Allah yang kelak akan mendapatkan kenikmatan berupa surga. Selain itu, di dalamnya juga terdapat penjelasan mengenai ganjaran pahala besar yang akan diberikan kepada orang-orang yang bersedia bertakwa kepada Allah. Selain itu juga dijelaskan mengenai ganjaran keburukan dan siksa bagi yang durhaka kepadaNya.

Khasiat Surah Muhammad


Berbicara mengenai khasiat surah-surah dalam al-Quran, maka setiap surah dalam al-Quran memiliki khasiat-khasiat dan fadhilahnya masing-masing yang sangat besar. Para ulama telah banyak sekali menulis dan menjabarkan akan hal ini, dan para sahabat dapat merujuk dari kitab-kitab para ulama ash-Shalihin tersebut. Sedangkan untuk kesempatan kali ini, admin hanya akan membagikan sedikit dari sekian banyak khasiat yang terkandung dari mengamalkan surah Muhammad secara rutin dan istiqamah.  

Menurut Al-Imam Al-Yafi'i, seorang ulama dan imam besar di masanya, dalam kitab beliau Ad-Durrun Ndziim fii Khawashil Quraanil 'Adziim dijelaskan sebagai berikut:

"Barangsiapa yang membaca surah Muhammad maka hak atas Allah untuk memberinya minuman dari air sungai-sungai surga."

Cara pengamalannya adalah dengan mengistiqamahkan diri membaca surah Muhammad minimal 1 kali setiap hari. Insya Allah bermanfaat kelak di yaumil akhir.

Masih dalam kitab yang sama, yaitu Ad-Durrun Nadziim, Imam Al-Yafi'i menjelaskan bahwa diantara khasiat dari surah Muhammad ini apabila diamalkan dapat dijadikan wasilah untuk mendapatkan kemenangan dari musuh. Adapun cara pengamalannya yaitu dengan mengambil segenggam tanah yang suci dan bersih ketika sedang berkobar peperangan, kemudian segenggam tanah tersebut dibacakan surah Muhammad dari awal hingga akhir, lalu dilemparkan atau disebarkan di hadapan musuh. Insya Allah dengan cara ini, berkat pertolongan dan kuasa Allah Yang Maha Agung, balatentara musuh akan kalah dan insya Allah kita akan mendapatkan kemenangan yang sebesar-besarnya. Demikianlah disebutkan dalam kitab Durrun Nadziim.

Masih banyak sekali khasiat lainnya dari surah Muhammad ini. Namun, cukuplah dua khasiat di atas menjadi penegas bahwa tidak ada alasan untuk tidak mengamalkan surah Muhammad ini. Tidak hanya terbatas dengan surah ini, surah-surah lainnya juga sangat penting untuk diamalkan. Mari kita mengamalkan semampu kita dengan istiqamah. Lebih baik sedikit namun istiqamah, daripada banyak tapi tidak istiqamah. Lebih baik membaca daripada tidak sama sekali. Lebih baik tidak membaca daripada meragukan khasiat dan keagungannya. 
 

2 komentar: