Saturday, November 19, 2016

Filled Under: ,

3 Ayat Pertama Surah Al-An'am dan Khasiatnya



Khasiat Tiga Ayat Pertama Surah Al-An’am - Surah Al-An'am dan Khasiatnya - 3 Ayat pertama Surah Al-An'am dan Fadhilahnya 

Sekilas Pewahyuan Surah Al-An’am

Dalam kitab Khazinatul Asrar dijelaskan bahwasanya surah al-An’am merupakan salah satu surah al-Quran yang termasuk ke dalam surah Makkiyah, artinya surah ini turun pada waktu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam masih berada di Makkah dan belum hijrah ke Madinah. Surah ini langsung diturunkan kepada beliau secara penuh dan tidak setengah-setengah. Surah al-An’am ini diturunkan kepada rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam diiringi oleh 70 ribu malaikat. Pada waktu itu beliau melantunkan tasbih sebagai tanda ketakjuban melihat keagungan surah ini. dalam sebuah riwayat beliau berucap “Subhaana rabbiyal ‘Adziimi Subhaana Rabbiyal ‘Adziimi” setelah itu beliau tersungkur sujud kepada Allah. 

Khasiat Surah Al-An’am

Diriwayatkan secara marfu’, “Barangsiapa membaca surah al-An’am maka 70 ribu malaikat akan bershalawat kepadanya setiap malam dan siang…”

Diriwayatkan secara marfu’ bahwa barangsiapa yang membaca 3 ayat pertama surah al-An’am sampai ayat “Taksibuun” pada waktu pagi hari maka Allah akan memerintahkan 70 ribu malaikat untuk menjaganya, menuliskan pahala amal mereka hingga hari kiamat. Allah juga akan memerintahkan malaikat langit ketujuh untuk turun sedangkan di tangannya terdapat tongkat dari besi. Setiap kali setan hendak menggoda hatinya dengan keburukan maka malaikat langit ketujuh itu akan memukul setan tersebut sehingga antara si pengamal dengan setan terdapat 70 ribu hijab. Kemudian pada hari kiamat Allah akan berkata kepadanya, “Wahai anak Adam, berjalanlah di bawah naunganKu, makanlah setiap buah-buahan surgaKu, minumlah air telaga kautsar, dan mandilah dengan air Salsabil, sesungguhnya engkau adalah hambaKu sedangkan Aku adalah Tuhanmu, Tiada hisab atasmu, dan tiada pula adzab ditimpakan padamu. ( JUAL TERJEMAH MUJAROBAT AD-DAIROBI )

Berikut ini tiga ayat pertama dari surah al-An’am yang dimaksud:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمَاتِ وَالنُّورَ ۖ ثُمَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُونَ. هُوَ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن طِينٍ ثُمَّ قَضَىٰ أَجَلًا ۖ وَأَجَلٌ مُّسَمًّى عِندَهُ ۖ ثُمَّ أَنتُمْ تَمْتَرُونَ. وَهُوَ اللَّهُ فِي السَّمَاوَاتِ وَفِي الْأَرْضِ ۖ يَعْلَمُ سِرَّكُمْ وَجَهْرَكُمْ وَيَعْلَمُ مَا تَكْسِبُونَ


Al-hamdu lillaahilladzii khalaqas samaawaati wal ardha wa ja’aladz dzulumaati wan nuur, tsummalladziina kafaruu birabbihim y’diluun. Huwalladzii khlaqakum min thiinin tsumma qadhaa ajala. Wa ajalahum musamman ‘indahuu tsumma antum tamtaruun. Wa huwallaahu fissamaawaati wa fil ardhi ya’lamu sirrakum wa jahrakum wa ya’lamu maa taksibuun.

Cara pengamalan yaitu amalkan setiap pagi dan petang secara istiqamah. bisa pula dikoaborasikan dengan terlebih dahulu membaca surah al-ikhlas, surah mu'awidzatain, surah al-fatihah, ayat-ayat pertama surah al-Baqarah, ayat-ayat terakhir surah al-Baqarah, ayat kursi, dan 3 ayat pertama surah al-An'am. Apabila terlalu panjang bisa pula dikolaborasikan dengan istighfar, shalawat, dan 3 ayat pertama surah al-An'am. Lakukan dengan penuh keikhlasan dan mengharap ridha serta maghfirah dari Allah ta’ala. Insya Allah berkah dan berkhasiat agung, bidznillah.( JUAL 114 SURAH MUJARAB AL-QURAN )

0 komentar:

Post a Comment