Saturday, October 10, 2015

Filled Under:

Amalan Mujahadah Al-Fatihah 100x dan Asma' Ya Syakuur 1000x

Mujahadah Al-Fatihah 100x dan Asma' Ya Syakuur - Sebelum membahas lebih lanjut mengenai amalan yang hendak kami bagikan pada artikel ini, sedikit kami jelaskan apa itu mujahadah. Secara bahasa, istilah mujahadah berasal dari akar kata jahada yang berarti bersungguh-sungguh. Secara istilah, term mujahadah memiliki banyak arti disesuaikan dengan konteksnya. Sebagai contoh istilah mujahadah dalam ilmu tasawuf maka berarti perjuangan secara sungguh-sungguh dalam mencari ridha Allah. Dalam konteks ini mujahadah juga seringkali digunakan untuk menjelaskan suatu sikap kesungguhan dalam melawan hawa nafsu dan menundukkan nafsu dalam diri. Penggunaan ini kemudian seringkali memberikan pemaknaan yang terkait dengan riyadhah atau kesungguhan dalam melakukan suatu amalan dalam syariat islam dengan ketat. Sebagai contoh selain melakukan ibadah wajib juga berusaha secara ketat untuk melakukan setiap amaliah sunnah dan secara ketat pula menjauhkan diri dari perbuatan maksiat. 
Amalan Mujahadah Al-Fatihah 100x dan Asma' Ya Syakuur 1000x
Amalan Mujahadah Al-Fatihah 100x dan Asma' Ya Syakuur 1000x

Dalam konteks pembicaraan kita kali ini, istilah mujahadah dimaknai sebagai kesungguhan dalam berdzikir kepada Allah, mengingat Allah, melupakan selain Allah, dan memohon kepada Allah melalui rangkaian doa khusus. Dalam tradisi yang berkembang di nusantara ini, khususnya pada masyarakat jawa, istilah mujahadah seringkali digunakan untuk menyebut amaliyah dzikir dan doa bersama yang bertujuan untuk mempohon sesuatu kepada Allah dengan sikap khusus, yaitu kesungguhan. 

Amalan dzikir berjamaah ini seringkali terkait dengan adanya permohonan atau hajat bersama yang sangat penting dan ingin sekali segera tercapai. Karena itu kemudian jamaah yang memiliki hajat tersebut berkumpul bersama kemudian melantunkan dzikir dan doa secara sungguh-sungguh. Inilah tradisi "mujahadah" yang bisa kita berikan makna sebagai kesungguhan dalam berdoa. 

Sedangkan terkait dengan amalan yang hendak saya sampaikan pada kesempatan kali ini adalah tentang salah satu amalan yang dapat dibaca tatkala mujahadah bersama, yaitu amalan 100x al-Fatihah dan asma' ya Syakuur. Amalan mujahadah ini kami dapatkan dari guru kami, KH. Asyrofi, dari KH. Salman Klaten. Amalan ini merupakan amalan yang bisa dibaca secara mandiri ataupun berjamaah, dan bisa pula untuk bacaan mujahadah. Berikut amalan selengkapnya:

  1. Ila hadhratin nabi al-Musthafa Muhammad Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam, al faatihah...
  2. Ilaa hadhratin nabiyil musthafa muhammad shallallaahu 'Alaihi wa Sallam, wa ila jami'il auliyaa', al-faatihah...
  3. Ilaa hadratin nabiyil musthafa Muhammad shallallaahu 'Alaihi wa Sallam wa ilaa hadhrati sayyidina Syaikh Abdil Qadir al-Jailani, al-faatihah 100x...
  4. Baca, Innallaaha wa malaaikatahu yushalluuna 'alan nabi, yaa ayyuhalladziina aamanuu shalluu 'alaihi wa sallimuu tasliimaa....
  5. Baca shalawat 100x atau 1000x
  6. Baca ya Allah 100x
  7. Baca ya Syakuur 1000x
  8. Baca doa Imam Muqathil 1x
  9. Baca shalawat dan doa penutup. Untuk doa penutup, bisa menggunakan doa basmalah
Berikut ini yang dimaksud dengan doa imam muqathil:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم. لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْم. يَا حَيُّ يَا قَيُّوْم يَا دَائِمُ يَا فَرْدُ يَا وِتْرُ يَا اَحَدُ يَا مَالِكَ المُلْكِ ذُو الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ ياَ الله اِقْضِ حَاجَتِي .... بِرَحْمَتِكَ اَسْتَغِيْثُ وَصَلَّي اللهُ عَلَي خَيْرِ خَلْقِه مُحَمَّدٍ وَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْن.

Pada titik-titik di atas disebutkan hajatnya.

Berikut ini doa basmalah:


اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْألُكَ بفضل ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَأَسْألُكَ بِعَظَمَةِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَأَسْألُكَ بجلال وَثَنَاءِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَأَسْألُكَ بِهَيْبَةِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَبِحُرْمَةِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَبِجَبَرُوتِ وَمَلَكُوتِ وَكِبْرِيَاءِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَبِعِزَّةِ وَقُوَّةِ وَقُدْرَةِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، اِرْفَعْ قَدْرِي، وَيَسِّر أَمْرِي، وَاجْبُر كَسْرِي، وَأغْنِ فَقْرِي، وَأَطِلْ عُمُرِي، بِفَضْلِكَ وَكَرَمِكَ وَإِحْسَانِكَ، يَا مَنْ هُوَ ﴿كهيعص﴾. ﴿َحم عسق﴾. ﴿الم﴾. ﴿المر﴾. ﴿حم﴾. بِسِرِّ اسْمِ اللهِ الأَعْظَمِ ، اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ القَيُّومُ العَلِيُّ العَظِيمُ الأَكْرَمُ ذُو الْجَلالِ وَالإِكْرَامِ، أَسْألُكَ بِجَلالِ الْهَيْبَةِ، وَبِعِزِّ العِزَّةِ، وَأَسْألُكَ بِكِبْرِيَاءِ العَظَمَةِ وَبِجَبَرُوتِ القُدْرَةِ؛ أَنْ تَجْعَلَنِي مِنَ الذينَ لاَ خَوْفٌ عَلَيْهِم وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ، وَأَسْألُكَ بِدَوَامِ البَقَاءِ، وَضِيَاءِ النُّورِ؛ أَنْ تَجْعَلَنِي مِنَ الصَّالِحِيْنَ، وَأَسْألُكَ بِحُسْنِ البَهَاءِ، وَبِإِشْرَاقِ وَجْهِكَ الكَرِيمِ؛ أَنْ تُدْخِلَنِي بِرَحْمَتِكَ فِي جَنَّاتِ النَّعِيمِ، يَا رَبَّ العَالَمِينَ، وصَلَّى الله علَى سَيِّدنا مُحَمَّد وَعلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ


Untuk doa penutup, silakan bisa dikolaborasikan dengan doa liqadhail hajat lainnya. Demikianlah amalan mujahadah al-fatihah 100x dan asma' ya syakuur 1000x yang dapat kami bagikan pada kesempatan pagi yang berbahagia ini. Semoga bermanfaat.

AMALAN DI ATAS DIBACA SETIAP SELESAI MELAKSANAKAN SHALAT MAGHRIB. INSYA ALLAH SEBELUM ISYA' SUDAH SELESAI. 

Amalan Al-Fatihah 100x dan asma' ya Syakuur 1000x ini kami dapatkan dari guru kami, KH. Syamsuddin Asyrofi, dari KH. Salman. Sedangkan amalan shalawat dan doa basmalah dari KH. Thoifur M. Keseluruhan rangkaian mujahadah ini kami ijazahkan secara umum kepada masyarakat muslim yang membutuhkannya. Semoga bermanfaat. aamiin.



60 komentar:

  1. qobiltu.. ijin belajar dan ijin mengamalkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalaamu'alaikum kang zeer el watsy , mohon keikhlasanyya amalan mujahadah ini untuk di ijazahkan kepada saya guna untuk saya amalkan agar apa yang saya hajatkan ke Allah di ijabah dan mohon ma'af hanya do'a saja yang saya bisa berikan kepada kang zeer karena saya belum punya penghasilan , wassalaamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh

      Delete
  2. saya mohon ijin mempelajari dan meminta ridha untuk diamalkan ya kang. saya hanya bisa memberikan doa kang, semoga di balas kebaikan dan ilmu bermanfaat yang semakin banyak kepada akang. amin.

    ReplyDelete
  3. mohon di ijinkan tuk mengamalkannya. Semoga bermanfaat tuk kehidupan kami dunia wal akhirat amin

    ReplyDelete
  4. saya mohon ijin utk mengamalkan apa yg tertulis dlm situs jam iyah wali songo,,, semoga Allah selalu menuntun kita kpd jln yg terbaik... amin

    ReplyDelete
  5. saya mohon ijin utk mengamalkan apa yg tertulis dlm situs jam iyah wali songo,,, semoga Allah selalu menuntun kita kpd jln yg terbaik... amin

    ReplyDelete
  6. qobiltu...mohon ijazahnya untuk mengamalkan...

    ReplyDelete
  7. Assalaamu'alaikum Kang Zeer El-watsy , saya mohon keikhlasannya untuk saya amalkan agar apa yg hajatkan kepada terkabul & mohon ma'af kang saya tidak memberikan apa" kepada kang zeer karena belum punya penghasilan & bolehkah amalan yg mujahadah ini saya ganti waktunya disholat tahajud,terima masih kang zeer dan semoga Allah selalu memberikan rahmat-Nya kepada kang zeer berupa kelezatan iman dalam hati,belimpah rezeki keuangan,kesahatan dan diridhoi oleh Allah masuk surga-Nya tanpa hisab .. Aamiin Allaahumma Aamiin

    ReplyDelete
  8. Assalaamu'alaikum kang zeer el-watsy,saya mohon keikhlasannya kang zeer untuk mengijazahkan amalan mujahadah ini kepada saya agar apa yg saya hajatkan ke Allah terkabul dan mohon maaf saya tidak bisa memberikan apa" kepada kang zeer,saya hanya bisa memberikan sebatas do'a kepada kang zeer yang semoga Allah selalu senantiasa memberikan rahmat-Nya kepasa kang zeer berupa kelezatan iman dalam hati,rezeki berlimpah berupa keuangan,kesehatan dll serta diridhoi Allah masuk surga-Nya tanpa hisab untuk kang zeer .. Maaf sekali lagi kang zeer,hanya do'a saja yg saya bisa berikan sebagai tanda terima kasih saya kepada kang zeer untuk ijazah amalan mujahadah ini dan bolehkah saya ganti pengamalan waktunya yg tadinya maghrib saya ganti diwaktu tahajud saya ? Terima kasih kang zeer,wassalaamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh

    ReplyDelete
  9. Assalaamu'alaikum kang zeer el-watsy,saya mohon keikhlasannya kang zeer untuk mengijazahkan amalan mujahadah ini kepada saya agar apa yg saya hajatkan ke Allah terkabul dan mohon maaf saya tidak bisa memberikan apa" kepada kang zeer,saya hanya bisa memberikan sebatas do'a kepada kang zeer yang semoga Allah selalu senantiasa memberikan rahmat-Nya kepasa kang zeer berupa kelezatan iman dalam hati,rezeki berlimpah berupa keuangan,kesehatan dll serta diridhoi Allah masuk surga-Nya tanpa hisab untuk kang zeer .. Maaf sekali lagi kang zeer,hanya do'a saja yg saya bisa berikan sebagai tanda terima kasih saya kepada kang zeer untuk ijazah amalan mujahadah ini dan bolehkah saya ganti pengamalan waktunya yg tadinya maghrib saya ganti diwaktu tahajud saya ? Terima kasih kang zeer,wassalaamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh

    ReplyDelete
  10. Assalaamu'alaikum kang zeer el-watsy , saya mohon keikhlasan kang zeer untuk ijazah amalan mujahadah inii kepada saya agar apa yang saya hajatkan kepada Allah terkabul dan mohon maaf kang zeer saya tidak bisa memberikan apa" kepada kang zeer karena belum punya penghasilan , saya hanya bisa membalas dengan do'a yang semoga rahmat Allah selalu senantiasa mengalir kepada kang zeer berupa kelezatan iman dalam hati dan rezeki mengalir deras dan berlimpah berupa keuangan,kesehatan dll serta semoga Allah memasukkan kang zeer dalam surga-Nya Allah tanpa hisab , Aamiin Allaahumma Aamiin dan bolehkah waktu pengamalannya saya ganti yang tadinya habis sholat maghrib jadi selesai sholat tahajud , terima kasih kang zeer .. Wassalaamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh

    ReplyDelete
  11. Assalaamu'alaikum kang zeee el-watsy , mohon keikhlasannya amalan mujahadah ini untuk saya amalkan agar apa yg saya hajatkan kepada Allah terkabul , Aamiin Allaahumma Aamiin

    ReplyDelete
  12. Mohon ijin mengamalkannya kang....

    ReplyDelete
  13. Mohon izin untuk mengamalkannya...terima kasih kepada bpk yg dgn ikhlas mengidjazahkan kepada siapapun yg dlm keadaan prihatin.

    ReplyDelete
  14. qobiltu, mohon izin untuk mengamalkan

    ReplyDelete
  15. Assallam kang.. Nyuwun doa Alfatiaha.. Saget?

    ReplyDelete
  16. qobiltu ijazah semua amalan yang ada di situs ini semoga dapat menjadi berkah bagi kami

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum bang...mohon izin ijazah mengamalkan

    ReplyDelete
  18. assalamu 'alaikum..

    Qobiltu,mohon izin ijazah untuk mengamalkan..

    ReplyDelete
  19. Qobiltu ijazatika.al fatikhah 3x send

    ReplyDelete
  20. Qobiltu ijazatika.al fatikhah 3x send

    ReplyDelete
  21. Qobiltu... Mohon ijin tuk mengamalkannya, mudah-mudahan berkah dunia akherat.
    Aamiin ya Robbal'alamiin.

    ReplyDelete
  22. Qobiltu... mohon ijin tuk mengamalkan

    ReplyDelete
  23. Ijin untuk mengamalkan ya kang. Minta keridhoannya.

    ReplyDelete
  24. Ijin untuk mengamalkan ya kang. Minta keridhoannya.

    ReplyDelete
  25. Ijin mengamalkan ya kang.minta keridhoan nya.

    ReplyDelete
  26. Ijin mengamalkan ya kang.minta keridhoan nya.

    ReplyDelete
  27. Qobiltu ijazah..... ngapunten mohon ijin mengamalkan. semoga manfaat barokah... Amiiin

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah... telah lama saya sumpek dalam kehidupan keluarga. Semoga doa ini bisa membantu kami, dan Allah meridoi... Kepada Admin, kami mohon ijin mengamalkan.
    Semoga Admin diberi kebahagiaan dunia akhirat. Amiin.

    ReplyDelete
  29. Mohon ijin kang.
    Untuk mengamalkan nya. Semoga allah swt memberikan pahala yang lebih. Dan kebahagiaan

    ReplyDelete
  30. Qobiltu
    Syukran atas amalannya

    ReplyDelete
  31. Qobiltu
    Syukran jazila atas ilmunya

    ReplyDelete
  32. Mohon doa & Ijin untuk mengamalkan,..

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Mohon izin untuk mengamalkannnya

    ReplyDelete
  35. ijin mengamalkan juga kang. mohon do'anya mudah mudahan hajad kami di ijabah oleh alloh. amin

    ReplyDelete