Wednesday, April 6, 2016

Filled Under:

Doa Menjelang Ujian dan Amalan Mohon Ilmu Manfaat

Doa Menghadapi Ujian Nasional atau Ujian CPNS dan Ujian Lainnya - Doa Amalan Menjelang Ujian - Keberhasilan siswa dalam ujian dikarenakan beberapa faktor, diantaranya karena adanya ikhtiar, doa dan tawakal. Unsur doa dan tawakal memang termasuk faktor yang sangat penting dan harus seiring-sejalan melengkapi faktor ikhtiar, karena bagaimanapun sebagai hamba Allah yang mengaku beriman sudah selayaknya apabila dalam melakukan suatu urusan senantiasa dilengkapi antara ikhtiar, doa dan tawakal.
Doa Menjelang Ujian dan Amalan Mohon Ilmu Manfaat
Doa Menjelang Ujian dan Amalan Mohon Ilmu Manfaat

Oleh sebab itu, bagi para siswa khususnya yang akan menghdapi ujian hendaknya mengamalkan petunjuk di bawah ini:
  • Memperbanyak puasa dan sholat tahajud, paling tidak dilakukan sehari sebelum ujian dilaksanakan
  • Setiap hari terutama pada saat-saat berpuasa berdoa kepada Allah sebagai berikut:
اللَّهُمَّ نَوِّرْ قُلُوْبَنَا كَمَا نَوَّرْتَ الأَرْضَ بِنُوْرِ شَمْسِكَ اَبَدًا اَبَدًا
"Allaahumma nawwir quluubana kamaa nawwartal ardha binuuri syamsika abadan abada."
(Ya Allah ya Tuhan kami, terangilah hati kami sebagaimana Engkau menerangi bumi dengan nur matahariMu selama-lamanya).
  • Jangan lupa pada waktu akan mengerjakan soal-soal ujian supaya membaca surah al-fatihah yang pahalanya ditujukan kepada kanjeng Rasul Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, para keluarganya, para sahabatnya, Sayyidina Asy-Syaikh Abdul Qadir al-Jailani Radhiyallahu 'Anhu, Sayyidina Asy-Syaikh Abil Hasan Ali Asy-Syadzili Radhiyallahu 'Anhu, dan para wali Allah serta shalihin.
  • Setelah itu bacalah sholawat nabi sebanyak 3 kali dengan sighat sholawat yang anda hafal. Utamanya sholawat Ibrahimiyah karena ia merupakan shalawat ma'tsur yang datang dari kanjeng nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. 
  • Insya Allah apabila amalan di atas dilakukan dengan sebaik-baiknya dan dengan hati ikhlas lillahi ta'ala ujian yang anda hadapi akan berhasil dengan sebaik-baiknya.
Amalan Doa Mohon Ilmu Yang Bermanfaat

Setiap orang islam wajib menuntut  ilmu, ilmu agama khususnya dan ilmu umum pada umumnya. Agar Allah memberi ilmu kepada kita sebanyak-banyaknya dan bermanfaat, maka selain belajar giat amalkanlah petunjuk di bawah ini:
  • Taat kepada guru, ustadz dan para kyai yang mengajari ilmu kepada anda
  • Menjauhi kemaksiatan, terutama semasa masih belajar
  • Setiap selesai shalat subuh membaca doa di bawah ini:
  • Pada waktu membaca Yaa Fattaahu telapak tangan sebelah kanan ditempelkan di bawah dada sebelah kiri
يَا مَنْ عَلَّمَ اِبْرَاهِيْمَ الحِكْمَةَ عَلِّمْنِي 17
ياَ فَتَّاحُ 72

  • Insya Allah apabila petunjuk di atas diamalkan betul-betul oleh para siswa atau santri, pasti Allah akan memberinya ilmu yang bermanfaat, baik bagi dirinya sendiri atau bagi masyarakat.
NB: 
Para murid atau para santri yang sedang belajar menuntut ilmu kepada para guru dan para kyai, agar ilmunya banyak dan bermanfaat maka yang harus dilakukan adalah point pertama di atas, yaitu taat dan ta'dzim serta memuliakan ilmu dan guru yang mengajarkan ilmu. Untuk lebih jelasnya silakan membaca penjelasan dari kitab Ta'limul Muta'allim pada tautan berikut ini dengan judul "Kiat Sukses Ngaji atau Menuntut Ilmu Menurut Kitab Ta'limul Muta'alim".

  

0 komentar:

Post a Comment