Tuesday, March 28, 2017

Filled Under:

Doa Malam Pertama Rajab Milik Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani



Amalan Doa Bulan Rajab – Ketahuilah para sahabat sekalian bahwasanya bulan rajab merupakan bulan yang sangat agung, mulia dan termasuk salah satu bulan-bulan harom dalam islam. Di dalam bulan rajab ini umat islam dianjurkan untuk memperbanyak diri beribadah kepada Allah khususnya ibadah puasa sunnah, istighfar, taubat dari berbagai macam dosa dan di awal malam rajab juga dianjurkan memperbanyak doa kepada Allah ta’ala. 

Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Ada lima malam yang tidak tertolak doa yang dilantunkan di dalamnya, yaitu pada malam pertama bulan rajab, malam nisfu sya’ban, malam jumat. Malam idul fithri, dan malam nahar (HR. As-Suyuti rahimahullahu ta’ala dalam kitab al-Jami’ dari Ibn Asakir dari Abi Umamah Radhiyallahu ‘anhu).

Doa Malam Pertama Bulan Rajab

Sayyidi al-Quthb ar-Rabbani asy-Syaikh Abdul Qadir al-Jailani Radhiyallahu ‘Anhu telah menyebutkan dalam kitab al-Ghunyah sebagai berikut, “Sesungguhnya diantara yang dicari di dalam malam pertama bulan rajab adah berdoa dengan doa berikut ini:

اِلَهِي تَعَرَّضَ لَكَ فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ المُتَعَرِّضُوْنَ وَ قَصَدَكَ القَاصِدُوْنَ وَ اَمَّلَ فَضْلَكَ وَ مَعْرُوْفَكَ الطَّالِبُوْنَ وَلَكَ فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ نَفَحَاتٌ وَ جَوَائِزُ وَ عَطَاياَ وَ مَوَاهِبُ تَمُنُّ بِهَا عَلَي مَنْ تَشَاءُ مِنْ عِبَادِكَ وَ تَمْنَعُهَا مِمَّنْ لَمْ تَسْبِقْ لَهُ العِنَايَةُ مِنْكَ وَهَأَنَذَا عَبْدُكَ الفَقِيْرُ اِلَيْكَ المُؤَمِّلُ فَضْلَكَ وَ مَعْرُوْفَكَ فَإِنْ كُنْتَ يَا مَوْلَايَ تَفَضَّلْتَ فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ عَلَي اَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ وَ جُدْتَ عَلَيْهِ بِعَائِدَةٍ مِنْ عَطْفِكَ فَصَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاَلِهِ وَصَحْبِهِ وَجُدْ عَلَي بِطَوْلِكَ وَ مَعْرُوْفِكَ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ

Ilaahii ta’arradho laka fii haadzihil lailati al-Muta’arridhuun w ammala fadhlaka wa ma’ruufaka ath-Thaalibuun wa laka fii haadzihil lailati nafahaatun wa jawaaizun wa ‘athaayaa wa mawaahibu tamunnu bihaa ‘alaa man tasyaa-u min ‘ibaadika wa tamna’uhaa mimman lam tasbiq lahul ‘inaayatu minka wa haa-anadzaa ‘abdukal faqiiru ilaika al muammilu fadhlaka wa ma’ruufaka fa in kunta yaa maulaaya tafadhdhalta fii haadzihil lailati ‘alaa ahadin min khalqika wa judta ‘alaihi bi ‘aaidatim min ‘athfika fa shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa aalihii wa shahbihi wa jud ‘alayya bi thoulika wa ma’ruufika yaa rabbal ‘aalamiin.

Demikianlah doa milik Sayyidina Syaikh Abdul Qadir al-Jailani Radhiyallaahu 'Anhu yang sangat baik untuk dibaca di bulan rajab yang mulia ini. Semoga bermanfaat bagi sedulur muslim semua dan semoga di bulan rajab tahun 2017 yang insya Allah jatuh pada tanggal 29 Maret 2017 ini kita dapat memaksimalkan ibadah kita kepada Allah dan kita bisa beribadah kepadaNya dengan setulus dan seikhlas hati kita dan semoga mendapatkan penerimaan dan ridha Allah. Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaahil 'Aliyyil 'Adziim..



0 komentar:

Post a Comment