Sunday, March 27, 2016

Filled Under:

Doa Mohon Semangat, Mendapatkan Ketenangan dan Tidak Galau

Cara Doa Agar Tidak Galau - Amalan Doa untuk Menumbuhkan Semangat dan Gairah Melakukan Aktivitas dan Usaha - Dalam menghadapi kenyataan hidup ini terkadang kita merasa tidak bersemangat, tidak bergairah, yang dalam bahasa anak muda zaman sekarang dinamakan sedang galau. Terkadang kita merasakan patah semangat yang membawa dampak pada timbulnya rasa malas atau putus asa. 
Doa Agar Tidak Galau

Sikap-Sikap semacam itu memang terkadang harus disikapi dengan arif dan bijaksana, dan memang wajar saja kalau kita memiliki sikap semacam itu, tentunya dalam porsi yang tidak berlebihan. Sebagai manusia yang beriman, rasa galau dan tidak bersemangat dalam melakukan sesuatu aktivitas, apalagi yang bermanfaat, jangan dibiarkan berlarut-larut karena hal itu akan menjadi penyakit yang sangat serius di kemudan hari dan mengganggu produktifitas kerja kita sebagai khairu ummatin ukhrijat linnas. 

Sebagai seorang yang beriman kita harus mengatakan dan menyadari bahwasanya rasa malas, tidak beergairah, dan galau merupakan salah satu penyakit dari berbagai bentuk penyakit jiwa yang sangat berbahaya bagi kehidupan di masa yang akan datang. Lagi pula hal tersebut dengan tegas juga telah dilarang oleh islam. Nah, untuk itulah perlu diatasi dengan berbagai kiat-kiat konstruktif dan bermanfaat, yang salah satunya adalah melalui amalan doa, yaitu memohon secara langsung kepada Allah ta'ala, Dzat Yang Maha Kuasa dan Dzat Yang telah memberikan kita kekuatan. La Haula Wa La Quwwata Illaa Billahil 'Aliyyil Adziim, Dialah Dzat Yang Maha Tinggi dan Maha Agung yang menjadi pusat kekuatan semesta, sedangkan kekuatan dan gairah semangat yang kita miliki sejatinya merupakan anugerah dari Allah yang tentu saja harus disyukuri dan digunakan dengan sebaik-baiknya. 

Mengenai amalan doa untuk memohon kekuatan, gairah dan semangat sebetulnya ada banyak sekali. Baik itu yang datang dan diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam maupun yang telah diajarkan oleh para ulama al-amilin. Adapun pada kesempatan kali ini admin majelis walisongo hanya akan membagikan satu doa saja yang berkhasiat untuk memohon kepada Allah agar dijauhkan dari sifat malas, tak bergairah, dan galau. Berikut ini doanya:

اللَّهُمَّ اِنِّي اَعُوْذُبِكَ مِنَ العَجْزِ وَ الكَسَلِ وَ البُخْلِ وَالهَرَمِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ

Allaahumma innii a'udzubika minal 'ajzi wal kasal wal bukhli wal harami wa a'udubika min 'adzaabil qabri

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya hamba berlinduk kepada Engkau dari kelemahan semangat, rasa malas, dan sifat kikir serta kepikunan di masa tua, dan hamba berlindung kepaadaMu dari Adzab Kubur.

Ketenangan adalah cahaya batiniyah setiap hamba
Selain itu ada baiknya pula memohon ketenangan kepada Allah dan kesejahteraan hidup. Sebab, ketika semangat kerja sudah didapat, maka semangat harus diimbangi dengan ketenangan agar aktivitas ataupun usaha yang dicapai dapat maksimal. Adapun doa yang dapat diamalkan untukmemohon ketenangan dan kesejahteraan hidup diantaranya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ نَوِّرْ قُلُوْبَنَا بِنُوْرِ هِدَايَتِكَ كَمَا نَوَّرْتَ الأَرْضَ بِنُوْرِ شَمْسِكَ وَقَمَرِكَ اَبَدًا اَبَدًا

Allahumma nawwir quluubana binuuri hidaayatika kamaa nawwartal ardha binuuri syamsika wa qamarika abadan abadaa. 

Artinya:

"Ya Allah, sinarilah qalbu kami dengan cahaya hidayahMu sebagaimana engkau menyinari bumi dengan cahaya matahari dan rembulanmu selama-lamanya. 

Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa berikut ini:

اللَّهُمَّ اِنِّي اَسْأَلُكَ مِنَ الخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَاَجِلِهِ مَا عَلِمْتُ وَمَالَمْ اَعْلَمُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَاَجِلِهِ مَا عَلِمْت ُوَمَا لَمْ اَعْلَمُ

"Allaahumma innii minal khairi kullihi 'aajilihi wa aajilihi maa 'alimtu wa maa lam a'lam wa a'uudzubika min syarri kullihi 'aajilihi wa aajilihi maa 'alimtu wa maa lam a'lam."

Artinya:

"Ya Allah, hamba memohon  kepadaMu akan semua kebaikan yang segera tiba atau terlambat yang hamba ketahui daripadanya maupun belum hamba ketahui dan hamba berlindung kepadaMu dari semua kejahatan yang segera tiba maupun terlambat yang hamba ketahui akan hal tersebut maupun tidak hamba ketahui."

Dua doa terakhir ini merupakan doa khusus memohon ketenangan yang mana ketenangan batin dan kesejahteraan pada hakikatnya adalah cahaya yang langsung dipancarkan oleh Allah ta'ala ke dalm batin kita. Untuk itu maka apabila kita menginginkan ketenangan dan kesejahteraan hendak diusahakan dengan cara mendekatkan diri kepadanya seraya memohon kepadaNya agar Ia berkenan memancarkan cahaya ke dalam batin kita.

Semoga Bermanfaat doa yang telah kami bagikan pada kesempatan kali ini. aamiin aamiin aamiin yaa rabbal 'aalamiin.

Baca Pula Amalan Lainnya:
  1. Khasiat Mengamalkan Surah Muhammad
  2. Khasiat Shoawat Al-Bakriyah Lengkap
  3. Amalan Doa Mohon Khusnul Khotimah

0 komentar:

Post a Comment