Sunday, March 27, 2016

Filled Under:

Doa untuk Memantapkan Hati dan Mahabbah Umum

Doa untuk Memantapkan Hati dan Mahabbah Umum - Hati sebagai tempat bersemayam iman dan keyakinan terhadap kebenaran agama Allah senantiasa berbolak balik alias tidak tetap, sehingga karenanya iman seseorang juga selalu berubah-ubah, kadang bertambah dan kadang berkurang. Untuk dapat memiliki iman dan keyakinan yang mantap maka hendaknya kita harus senantiasa berdoa memohon kepada Allah. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

Doa untuk Memantapkan Hati dan Mahabbah Umum
Doa untuk Memantapkan Hati dan Mahabbah Umum
يَا مُقَلِّبَ القُلُوْبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَي دِيْنِكَ 

Yaa muqallbila quluubi tsabbit qalbii 'alaa diinika

Artinya:

"Ya Allah, Dzat Yang Membolakbalikkan hati manusia, mantapkanlah hati hamba ini untuk senantiasa meyakini akan kebenaran agamaMu."

Selain doa mohon kemantapan hati, juga diperlukan doa mahabbah umum. Amalan mahabbah umum ini penting, sebagaimana fitrah manusia yang ingin senantiasa dicintai. Perasan manusia adalah sama ingin cinta dan dicintai baik oleh Allah maupun oleh sesama manusia. Kita bisa mendapatkan cinta dari Allah dan dari sesama manusia dengan jalan berdoa. Adapun bacaan doa yang dapat diamalkan untuk mahabbah umum adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اِنِّي اَسْئَلُكَ حُبَّكَ وَ حُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَالأَعْمَالَ الَّذِي يُبَلِّغُنِي حُبَّكَ اَحَبُّ اِلَيَّ مِنْ نَفْسِي وَاَهْلِي مِنَ المَاءِ وَ البَرَدِ

Allaahumma innii asaluka hubbak wa hubba man yuhibbuka wal a'maalaladzii yuballighunii hubbak ahabbu ilayya min nafsii wa ahlii minal maa-i wal baradi

Artinya:

"Ya Allah, hamba memohon kepadaMu akan cintaMu dan cinta orang-orang yang telah mencintaiMu serta amal perbuatan yang dapat menyampaikan diriku pada cintaMu. Ya Allah, jadikanlah cintaMu lebih tercinta olehku daripada jiwaku sendiri serta keluarga yang melebihi cintaku terhadap air yang dingin di musim kemarau panjang."

Dua amalan di atas ini sangat penting bagi kita, khususnya bagi para pemimpin, imam, dai, dan para pendidik yang senantiasa berurusan dengan orang banyak dan masyarakat luas. Amalan ini merupakan amalan yang penting agar mereka senantiasa berada dalam keimanan dan keteguhan hati. Insya Allah, apabila diamalkan secara istiqamah setiap selesai shalat fardhu, Allah akan memberikan sirr dari doa tersebut kepada kita sehingga kehidupan kita senantiasa berada dalam koridor ridha dan keberkahanNya. aamiin. 

Baca Pula:
  1. Amalan Doa Mohon Dikaruniai Anak Sholeh dan Cerdas
  2. Amalan Doa Mohon Dijauhkan dari Kegalauan
  3. Doa Dzulfaqar yang Agung dan Mujarab
  4. Doa Amalan Jalbur Rizki Mujarob
  5. Waktu dan Cara Menulis Rajah atau Aufaq

0 komentar:

Post a Comment