Monday, February 8, 2016

Filled Under: ,

Shalawat yang Sebanding Pahalanya dengan 11.000 Shalawat

www.majeliswalisongo.com - Sholawat yang Pahalanya Besar Setara dengan 11.000 Sholawat - Sholawat Milik Syaikh Ahmad Al-Khajandi - Berbicara mengenai rahasia shalawat memang tidak akan pernah ada habisnya, sama saja kita menghitung jumlah tetesan samudera yang tentunya tidak akan pernah mampu untuk menghitungnya secara pasti. Demikian pula dengan salah satu sighat bacaan shalawat yang akan admin bagikan pada kesempatan malam hari ini juga memiliki sirr atau rahasia besar yang hanya Allah Azza wa Jalla sendiri yang mengetahui banyaknya rahasia di dalamnya. Namun demikian diantara para ulama ahli hakikat telah memberikan penjelasan mengenai keutamaan shalawat yang akan admin bagikan ini yaitu setara pahalanya dengan bacaan 11.000 shalawat dengan sighat biasa. (Baca Pula: Shalawat Khitob dan Khasiatnya).

Lalu seperti apa sighat shalawat yang dimaksud ? berikut ini shalawatnya secara lengkap kami sajikan untuk para sahabat tercinta:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَي اَلِهِ صَلَاةً اَنْتَ لَهَا اَهْلٌ وَ هُوَ لَهَا اَهْلٌ

Allaahumma shalli 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'Alaa aalihi shalaatan anta lahaa ahlun wa huwa lahaa ahlun

Artinya:

"Ya Allah, bershalawat dan bersalamlah kepada junjungan kami Sayyidina Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dan kepada keluarganya dengan shalawat yang pantas bagiMu dan pantas pula untuk beliau."

Penjelasan

Dalam kitab Afdhalush Shalawat 'Alaa Sayyidis Saadaat karya Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhani dijelaskan mengenai keutamaan shalawat di atas sebagai berikut:

وفي كيفية سنية في الصلاة على خير البرية نسبها الحافظ السخاوي في كتابه القول البديع لشيخ شيوخه الجلال أبي الطاهر أحمد الخجندي الحنفي المدنمي الملقب بمقبول رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم لاشتغاله بها وأفاد الحافظ السيوطي أن كل مرة منها بأحد عشر ألف صلاة وفقنا الله تعالى لها ولغيرها آمين ذكر ذلك السيد محمد عابدين في ثبته نقلاً عن ثبت الشيخ عبد الكريم الشراباتي الحلبي

Artinya:

"Diantara kaifiyah yang luhur dalam bershalawat kepada sebaik-baik ciptaan Allah, yaitu kanjeng nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam adalah dengan mengamalkan shalawat yang dinisbatkan al-Hafidz As-Sakhawi dalam kitabnya yang berjudul Al-Qaul Al-Badii' kepada guru dari para gurunya yang agung yaitu Abi Ath-Thahir Ahmad Al-Khajandi Al-hanafi Al-Madani yang dijuluki sebagai pelayannya kanjeng Rasul Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam karena kesibukan beliau membaca shalawat. Adapun Al-Hafidz As-Suyuthi memberikan catatan bahwasanya setiap bacaan dari shalawat di atas setara pahalanya dengan bacaan 11.000 shalawat, semoga Allah memberikan taufiqnya kepada kami untuk mengamalkannya dan untuk mengamalkan shalawat lainnya, aamiin. As-Sayyid Ahmad Abidin juga menyebutkan fadhilah shalawat di atas dalam catatannya, dengan mengutip dari pernyataan Asy-Syaikh Abdul Karim Asy-Syarabati Al-Halabi."

Dari penjelasan di atas dapat kiranya memberikan pemahaman bahwasanya shalawat di atas merupakan shalawat yang dinisbatkan kepada Sayyidi Asy-Syikh Ahmad Al-Khajandi yang memiliki fadhilah besar bagi para pengamalnya yaitu akan mendapatkan pahala setara dengan 11.000 kali shalawat apabila diamalkan sebanyak 1 kali. Karena itu, para pembaca budiman tidak perlu ragu lagi untuk memperbanyak diri mengamalkan shalawat khususnya di malam jumat, karena memperbanyak shalawat di malam jumat memiliki Fadhilah yang agung sebagaimana telah kami jelaskan pada artikal kami yang berjudul "Keutamaan Bersholawat di Malam Jumat". Mari memperbanyak shalawat semampu kita, baik dengan sighat shalawat di atas maupun dengan sighat shalawat lainya. Sebab, apapun sighat shalawat yang diamalkannya akan dihaturkan kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dan beliau akan membalas shalawat serta salam kita dengan izin Allah. (Lihat: Shalawat Milik Syaikh Abdul Ghani An-Nablusi dan Khasiatnya).

Sumber: Kitab Afdhalush Shalawat 'Alaa Sayyidis Saadaat 




2 komentar: