Thursday, January 28, 2016

Filled Under: ,

Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki Mengungkap Rahasia Ismul Adzom

www.majeliswalisongo.com - Mengungkap Rahasia Ismul A'dzom - Rahasia dan Khasiat Ismul Adzom - Ismul A'dzom merupakan nama Allah yang Paling Agung yang apabila diamalkan atau dibaca sewaktu kita berdoa memohon sesuatu kepada Allah, maka kita akan mendapatkan ijabah dan pengabulan dariNya. Ismul A'dzom dengan demikian bisa dikatakan sebagai amalan doa pamungkas karena doa dengannya sangat mustajab. Sayyidi Asy-Syaikh Al-Wali Al-Habib Muhammad Alwi Al-Maliki, seorang ulama besar ahlussunnah wal jama'ah, telah menjelaskan dalam salah satu kitab beliau yang berjudul Abwabul Faraj mengenai fadhilah ataupun keutamaan mengamalkan ismul a'dzom ini. Berikut ini penjelasan beliau:

Artinya:

"Tidak diragukan lagi bahwasanya bertawasul kepada Allah dengan menggunakan Ismul A'dzom merupakan salah satu piranti amalan paling agung untuk membuka pintu kelapangan dan sedekat-dekatnya pintu pengkabulan yang dengan amalan tersebut maka si pengamal akan mendapatkan wusul dan memperoleh apa yang menjadi angan-angan setiap hamba yang bersedia mengamalkannya."


Artinya:

"Para ulama telah berbeda pendapat dalam menjelaskan ismul a'dzam ini dikarenakan adanya perbedaan hadits-hadist yang diriwayatkan dalam bab ini. Adapun pembahasan dalam bab ini bukan tempatnya untuk mengumpulkan berbagai pendapat tersebut, namun kami hanya akan menyebutkan intisarinya saja sesuai apa yang dikatakan di dalam hadits tentang ismul a'dzam

Pertama. Ismul A'dzam yaitu isim "ALLAH", sebab nama tersebut tidak boleh digunakan dan diberikan selain Allah.

Kedua. Ismul A'dzam yaitu isim "Allaah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim".

Ketiga. Ismul A'dzam yaitu isim Ar-Rahmaan Ar-Rahiim Al-Hayy Al-Qayyuum. Hal ini mengacu pada hadits yang menjelaskan perihal rahasia Ismul A'dzam dengan mengutip dua ayat berikut ini:

وَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۖ لَّا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمَٰنُ الرَّحِيمُ٢:١٦٣
dan pembuka surah Ali imran:

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ٣:٢

Keempat. Ismul A'dzam yaitu Al-Hayy Al-Qayyuum. Hal ini mengacu pada hadtis tentang ismul A'dzam yang terdapat dalam tiga surah, yaitu al-Baqarah, Ali Imran, dan Thaha.

Kelima. Ismul A'dzam yaitu Al-Hannaan Al-Mannaan Badii' as-Samaawati wal-Ardhi Dzul Jalaali Wal Ikraam. 

Keenam. Ismul A'dzam yaitu Badi'us Samaawati Wal Ardhi Dzul Jalaali Wal ikraam. 

Ketujuh. Ismul A'dzam yaitu Dzul Jalaali Wal Ikraam. 

Kedelapan. Ismul A'dzam yaitu Allaahu Laa Ilaaha Illa Huwa Al-Ahad Ash-Shamad Alladzii Lam Yalid Wa Lam Yuulad Wa Lam Yakun Lahu Kufuwan Ahad. Al-Hafidz Ibn Hajar berkata, "Hadits tentang pendapat ini lebih rajih (unggul) sanadnya dibanding hadits lainnya."

Kesembilan. Ismul A'dzam yaitu "Rabbun Rabbun".

Kesepuluh. Ismul A'dzam yaitu "Maalikul Mulki". 

Kesebelas. Ismul A'dzam yaitu tasbihnya nabi Yunus, "Laa Ilaaha Illaa Anta Subhaanaka Innii Kuntu Minadz Dzaalimiin."

Keduabelas. Ismul A'dzam yaitu Kalimah Tauhid, Laa Ilaaha Illallaah. 

Ketigabelas. Sebagaimana dinukil oleh Imam Fakhrurrazi dari Imam Zainal Abidin, sesungguhnya beliau memohon kepada Allah ta'ala agar diberi pengetahuan tentangnya. Kemudian beliau bermimpi dan diberi pengetahuan tentangnya, bahwasanya Ismul A'dzam adalah lafal "Huwallaah Alladzii Laa Ilaaha Illaa Huwa Rabbul 'Arsyil 'Adziim."

Keempatbelas. Ismul A'dzam itu tersembunyi dalam Asmaul Husna.

Kelimabelas. Ismul A'dzam yaitu seluruh isim dari Asma' Allah ta'ala. Apabila seorang hamba berdoa dengan Asma' Allah, maka ia akan mendapatkan ijabah.

Keenambelas. Ismul A'dzam yaitu lafal "Allaahumma".

Ketujuhbelas. Ismul A'dzam yaitu lafal "Alif Lam Mim."









4 komentar: